Makanan yang Harus Dikurangi Saat Lebaran Untuk Bebas Gangguan Tenggorokan


Jahe

Hari raya Idul Fitri, hari raya kemenangan bagi seluruh umat muslim di seluruh Dunia. Setelah selama satu bulan penuh menahan diri untuk berpuasa, hari raya Idul Fitri menjadi momen merayakan kemenangan bersama keluarga. Biasanya pada hari raya Idul Fitri dilengkapi dengan makanan-makanan khas seperti kue kering, ketupat, opor, cemilan, dan banyak lagi. Hidangan-hidang tersebut tentu saja sangat meggugah selera, apalagi setelah satu bulan penuh berpuasa.

Namun tetap saja kita harus bisa membatasi memakan makanan tersebut, terutama makanan-makanan yang bisa menyebabkan resiko pada kesehatan kita. Sebagai contoh, jika anda memiliki riwayat kolesterol, maka akan sangat bijaksana jika anda mengurangi memakan opor ayam. Kita sudah tahu bahwa makanan yang bersantan beresiko meningkatkan kadar kolesterol. Begitu juga cemilan-cemilan yang mengandung garam yang tinggi, sangat tidak direkomendasikan untuk anda yang memiliki riwayat  darah tinggi.

Begitu juga dengan penderita gangguan tenggorokan, beberapa makanan di bawah ini tidak direkomendasikan. Bahkan jika anda dalam keadaan sehat dan tenggorokan anda tidak mengalami kendala seperti gatal dan tidak nyaman, maka sangat dianjurkan untuk tidak terlalu banyak memakan makanan ini. Berikut adalah makanan-makanan yang biasa dihidangkan saat hari raya Idul Fitri yang dianjurkan untuk tidak berlebih untuk menjaga agar tenggorokan anda tetap sehat.

 

Makanan Pedas

Memakan makanan pedas memang nikmat, semakin pedas rasanya semakin membuat penasaran untuk terus memakannya. Bahkan sekarang banyak sekali menu-menu kuliner yang mengandalkan rasa pedas sebagai menu andlannya. Banyak yang berasumsi bahwa memakan makanan pedas dapat meringankan rasa gatal dan tidak nyaman akibat gangguan tenggorokan. Namun, anggapan tersebut nyatanya adalah salah, bahkan makanan pedas bisa menyebabkan gangguan tenggorokan yang sedang anda derita semakin parah. Walaupun tenggorokan anda sedang sehat, akan sangat bijaksana jika anda membatasi makanan pedas. Rangsangan ditenggorokan akibat makanan pedas bisa menyebabkan terjadi iritasi yang menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman di tenggorokan. Jadi, makanan pedas memang nikmat untuk disantap bersama keluarga, tapi lebih baik untuk membatasi memakan makanan pedasnya.

 

Makanan Renyah dan Keras

Makanan renyah merupakan makanan yang sangat favorit bagi sebagaian besar masyarakat Indonesia. Contohnya kerupuk, kerupuk telah menjadi makanan pendamping yang hampir selalu tersedia dalam berbagai hidangan yang disajikan, terutama untuk makanan yang berkuah. Jika kita memakan bakso, mie ayam, atau sayuran berkuah, rasanya akan kurang afdol jika tidak menyertakan kerupuk sebagai lauk pendamping. Begitu juga banyak cemilan yang sering dikonsumsi bersama sambil bercengkrama bersama keluarga contohnya kacang-kacangan dan keripik. Tanpa disadari makanan-makanan tersebut bisa memicu alergi dan iritasi di tenggorokan, sehingga menyebabkan gatal dan tidak nyaman di tenggorokan. Makanan-makanan tersebut juga sangat tidak direkomendasikan bagi anda yang sedang menderita gangguan tenggorokan, karena bisa memicu gangguan tenggorokan yang sedang anda derita semakin parah.

 

Makanan Berminyak

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti menyukai makanan yang digoreng. Namun seperti diketahui bahwa kandungan minyak dalam masakan yang digoreng berpotensi menyebabkan iritasi di tenggorokan yang bisa menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Senyawa Akrolein akan terbentuk dari minyak yang dipanaskan hingga mencapai titik asapnya, jika minyak goreng terus menerus digunakan senyawa akrolein yang bersifat iritan akan ikut menempel di makanan.  Boleh-boleh saja memakan makanan yang digoreng namun jangan berlebihan dan minyak goreng yang digunakan harus minyak goreng yang baru, kandungan sehingga senyawa akroleinnya masih sedikit. Namun jika anda sedang mengalami gangguan tenggorokan, memakanan makanan yang digoreng sangat tidak dianjurkan, karena bisa menambah parah ganguan tenggorokan yang diderita.

 

Mengalami gangguan tenggorokan memang terdengan sepele, namun rasa gatal dan tidak nyaman ditenggorokan bisa membuat anda tergangu, sehingga momen berkumpul bersama dengan keluarga merayakan hari raya Idul Fitri terganggu. Sebagai langkah antisipasi, anda bisa menyediakan Pastilles pelega tenggorokan. Capung herbal Pastilles merupakan Pastilles pelega tenggorokan yang sudah beredar di Indonesia. Capung Herbal Pastilles ini memiliki keunggulan sebagai Pastilles yang mengandung Licorice dan terbuat dari 100% bahan herbal alami, sehingga bebas gula dan perasa buatan. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai kehalalanan produk ini, karena Capung Herbal Pastilles sudah tersertifikasi Halal dari MUI [TA].



Temukan Artikel Lainnya

Bahaya Asap Rokok Bagi Tenggorokan

Bagi masyarakat Indonesia kebiasaan merokok sudah menjadi gaya hidup yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan berkumpul bersama teman, nonton bola, ronda malam, hingga sekedar nongkrong selalu dibarengi dengan rokok dan kopi. Kebiasaan paling sederhana dari merokok yang sepertinya sangat sulit untuk ditinggalkan adalah kebiasaan merokok setelah makan. Bagi para perokok, jika setelah makan tidak merokok sepertinya kurang lengkap. Rokok sudah menjadi gaya hidup tidak hanya bagi kaum pria, bagi sebagian kaum hawa pun rokok sudah menjadi gaya hidup yang sudah tidak bisa dipisahkan.

Tentu saja sudah banyak pembahasan mengenai bahaya merokok, baik bagi pria maupun wanita. Bahkan pemerintah mewajibkan produsen rokok untuk mencantumkan bahaya merokok bagi kesehatan disertai dengan gambar-gambar yang sangat mengintimiasi. Pembatasan merokok juga sudah mulai diberlakukan dengan mewajibkan fasilitas publik menyediakan area merokok untuk melindugi perokok pasif. Tentu saja sudah banyak sekali artikel yang membahas mengenai bahaya merokok dari yang paling ringan hingga penyakit-penyakit yang bahkan bisa menyebabkan kematian. Pada artikel ini kita tidak akan membahas penyakit-penyakit yang berat dan bisa menyebabkan kematian akibat merokok, namun kita akan membahas mengenai gangguan tenggorokan yang disebabkan oleh asap rokok.

Tidak seperti penyakit-penyakit berat yang harus mengeluarkan biaya mahal, gangguan tenggorokan adalah penyakit sepele yang bahkan kadang bisa sembuh sendiri tanpa ada pengobatan, atapun masih bisa sembuh dengan pengobatan mandiri di rumah. Salah satu penyebab gangguan tenggorokan adalah merokok atau asap rokok yang terhirup bagi perokok pasif. Menurut sebuah study, setiap kali asap rokok dihirup, tenggorokan akan terpapar 7000 bahan kimia yang beberapa efeknya menyebabkan kangker dan mengandung racun. Tentu saja yang pertama terkena adalah bagian tenggorokan. Biasanya akan dirasakan terjadinya iritasi ringan yang tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Baik anda sebagai perokok maupun sebagai perokok pasif, potensi anda terkena gangguan tenggorokan akan tetap sama.

Bagi anda yang tidak ingin aktivitasnya terganggu sangat penting untuk menghindari asap rokok, untuk perokok maka direkomendasikan untuk mengurangi atau bahkan berhenti total. Bagi anda perokok pasif tentu saja penting untuk menghindari tempat-tempat yang sering terpapar asap rokok. Namun bagi anda yang sudah terbiasa merokok biasanya sangat sulit untuk mengurangi apalagi berhenti, bagi anda perokok pasif juga terkadang aktivitas mengharuskan kita berada ditempat-tempat yang banyak terpapar asap rokok. Oleh karena itu perlu menyediakan pencegahan supaya anda tidak terkena gangguan tenggorokan.

Salah satu pencegahan yang bisa anda lakukan adalah menyediakan pastilles pelega tenggorokan. Kami merekomendasikan produk Capung Herbal Pastilles untuk selalu ada di saku anda agar terhindar dari gangguan tenggorokan. Capung Herbal Pastilles ini mengandung Licorice, Adas, dan bahan herbal alami yang sudah terbukti efektif mengatasi gangguan tenggorokan. Karena terbuat dari bahan alam, Capung Herbal Pastilles ini bebas gula dan perasa buatan, sehingga memiliki rasa yang khas dan segar. Bagi anda yang muslim juga tidak perlu khawatir karena Capung Herbal Pastilles sudah memiliki sertifikat Halal dari MUI. Jadi apakah anda selalu menyediakan Capung Herbal Pastilles di saku? Saya iya... [TA]

BACA LEBIH LANJUT

Capung Herbal Pastilles - Solusi untuk Gangguan Tenggorokan

Apakah anda pernah merasakan tenggorokan gatal dan tidak nyaman? atau malah tenggorokan anda terasa sakit terutama saat menelan? Sepertinya hampir semua orang Indonesia pernah mengalami gangguan tenggorokan. Biasanya gangguan tenggorokan menyerang saat musim panca roba atau juga menyerang masyarakat perkotaan karena gaya hidup dan tingginya polusi. Terkena gangguan tenggorokan memang tidak akan membuat kita harus pergi ke dokter untuk melakukan pengobatan, tetapi rasa gatal dan tidak nyaman di tenggorokan tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika kita biarkan, gangguan tenggorokan bisa berkembang menjadi lebih parah, seperti terjadinya infeksi dan radang tenggorokan seperti yang sudah di bahas pada artikel sebelumnya (disini). Maka penting untuk melakukan pencegahaan sebelum gangguan tenggorokan semakin parah.

Seperti sudah di bahas pada artikel sebelumnya (disini dan disini), ada banyak cara untuk mengatasi gangguan tenggorokan. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah dengan menggunakan Pastilles pelega tenggorokan. Ada banyak sekali produk-produk yang beredar di pasaran yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan tenggorokan. Kita bisa memilih produk-produk yang mengandung Licorice maupun Buah Adas yang sudah terbukti efektif untuk mengatasi gangguan tenggrokan. Seperti yang sudah di bahas pada artikel-artikel sebelumnya (disini dan disini), Licorice dan Buah Adas memiliki kemampuan yang komplit untuk mengatasi gangguan tenggorokan. Salah satu produk yang kami rekomendasikan untuk mengatasi gangguan tenggorokan adalah Capung Herbal Pastilles.

Capung Herbal Pastilles ini mengandung Licorice, Buah Adas, dan bahan herbal alami yang sudah terbukti efektif untuk mengatasi gangguan tenggorokan. Capung Herbal Pastilles diformulasikan dari tumbuh-tumbuhan berkhasiat obat, diolah dan diproses dengan cara yang tepat sesuai standar CPOTB sehingga menghasilkan pastilles dengan rasa yang khas dan berkhasiat untuk meredakan gangguan tenggorokan seperti batuk, tenggorokan gatal, suara serak dan parau serta untuk mengurangi bau mulut yang kurang sedap.

Produk ini terbuat dari 100% bahan herbal alami, sehingga bebas gula dan perasa buatan. Bebas gula ini sangat penting karena seperti sudah kami bahas pada artikel sebelumnya (disini) makanan manis khususnya gula justru akan memperparah gangguan tenggorokan. Maka ini juga yang menjadi keunggulan dari Capung Herbal Pastilles, selain kandunganya yang memang sudah terbukti efektif untuk mengatasi gangguan tenggorokan, tetapi juga bebas gula dan perasa buatan sehingga tidak mengganggu efektifitas dari bahan aktifnya. Kita juga tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi produk ini, karena Capung Herbal Pastilles sudah memiliki sertifikat Halal dari MUI. 

Capung Herbal Pastilles dikemas dalam bentuk slider yang elegan dan sangat pas di saku baju maupun celana ataupun saku tas, sehingga mudah sekali membawa produk ini kemanapun kita beraktivitas. Kita juga bisa dengan mudah mendapatkan produk Capung Herbal Pastilles ini karena sudah tersedia di Indomaret, apotik dan toko obat disekitar dengan harga yang terjangkau. Jadi, apakah anda sudah menyediakan Capung Herbal Pastilles di saku anda? Saya sudah [TA].

BACA LEBIH LANJUT

Licorice – si Manis untuk Gangguan Tenggorokan

Licorice atau akar manis merupakan tanaman yang biasa kita temukan sebagai bahan untuk membuat permen atau Pastilles pelega tenggorokan. Licorice merupakan akar dari tanaman Glycyrrhiza glabra yang biasa dimanfaatkan sebagai pemanis pada makanan atau minuman. Di Eropa, Licorice banyak dimanfaatkan dalam bentuk permen dan sangat digemari oleh masyarakat. Licorice juga sering digunakan sebagai komposisi pada minuman ringan maupun teh herbal. Rasa manis pada Licorice diperoleh karena kandungan glycyrrhizin, yang sangat manis, 50 kali lebih manis daripada gula dan memiliki khasiat pengobatan.

Selain sebagai bahan untuk pemanis, Licorice juga memiliki banyak sekali khasiat sehingga sering digunakan sebagian bahan obat-obatan maupun sebagai suplemen kesehatan. Seperti dilansir oleh situs www.webmed.com, Licorice dimanfaatkan untuk mengobati berbagai keluhan masalah pencernaan seperti seperti peradangan di perut, mulas, kolik, maupun gastritis kronis. Licorice juga sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, bronkitis, batuk, dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Bahkan Licorice juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit Addison, osteoatritis, osteoporosis, kolesterol tinggi, maupun digunakan oleh perempuan yang sudah masuk ke fase menopause untuk mengatasi gejala-gejala menopause.

Banyaknya manfaat Licorice tentu saja tidak akan selesai jika harus dibahas hanya dalam satu artikel saja. Jadi pada artikel kali ini akan fokus pada pemanfaatan Licorice untuk mengatasi gangguan tenggotokan. Di pasaran sudah banyak sekali beredar produk-produk pelega tenggorokan yang mengandung Licorice. Bahkan ada beberapa merek membuat khusus varian produk yang menonjolkan Licorice sebagai bahan andalan untuk mengatasi gangguan tenggorokan.

Licorice sangat direkomendasikan untuk mengatasi masalah gangguan tenggorokan seperti gatal dan tidak nyaman ditenggorokan, batuk, maupun infeksi di tenggorkan karena kemampuannya untuk memproduksi lendir sehat. Lendir sehat tersebut bisa membasahi tenggorokan yang kering dan menghilangkan zat asing penyebab gangguan tenggorokan. Lendir yang sehat berbeda dengan dahak yang biasanya menempel lama di tenggrorokan dan bisa menyumbat dan menempel lama di tenggorokan sehingga menghalangi sistem pernafasan. Lendir yang sehat dan bersih membuat sistem pernafasan berfungsi dengan baik karena tidak menyumbat sistem pernafaan.

Dilansir dari website national centre of biotechnology information, licorice juga memiliki potensi sebagai anti bakteri dan anti virus. Seperti diketahui, salah satu penyebab gangguan tenggorokan adalah adanya infeksi baik oleh bakteri maupun virus. Penggunaan Licorice untuk gangguan tenggorokan akan menjadi lebih efektif dengan potensi anti bakteri dan anti virus tersebut karena bisa menghilangkan penyebab terjadinya gangguan tenggorokan.

Menurut penelitia yang dilansir oleh www.researchgate.net, Licorice juga memiliki efek analgesik dan anti inflamasi yang dibuktikan dengan percobaan terhadap tikus percobaan. Efek analgesik dan anti inflamasi tentu saja sangat berguna dalam menyembukan gangguan tenggorokan. Seperti yang kita tahu, gangguan tenggorokan selalu diikuti oleh adanya rasa sakit terutama saat menelan dan timbulnya peradangan di tenggorokan. Lebih jauh lagi dengan berbagai manfaatnya, licorice sangat berguna untuk menyembuhkan gangguan tenggorokan dan juga baik untuk mencegah terjadinya gangguan tenggorokan. Sehingga sangat dianjurkan untuk selalu membawa pastilles atau permen Licorice sebagai langkah antisipasi.

Banyak sekali produk yang mengandung Licorice beredar di pasaran. Kita bisa dengan mudah mendapatkannya baik di apotik, toko obat, maupun supermarket. Salah satu produk yang mengandung Licorice adalah Capung Herbal Pastilles. Produk ini terbuat dari Licorice dan 100% herbal alami, sehingga bebas pemanis dan perasa buatan. Produk ini kami anjurkan untuk selalu dibawa sebagai langkah antisipasi terhadap gangguan tenggorokan. Capung Herbal Pastilles ini juga sudah memiliki sertifikat halal dari MUI, sehingga tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya [TA].

BACA LEBIH LANJUT