Makanan yang Harus Dikurangi Saat Lebaran Untuk Bebas Gangguan Tenggorokan


Jahe

Hari raya Idul Fitri, hari raya kemenangan bagi seluruh umat muslim di seluruh Dunia. Setelah selama satu bulan penuh menahan diri untuk berpuasa, hari raya Idul Fitri menjadi momen merayakan kemenangan bersama keluarga. Biasanya pada hari raya Idul Fitri dilengkapi dengan makanan-makanan khas seperti kue kering, ketupat, opor, cemilan, dan banyak lagi. Hidangan-hidang tersebut tentu saja sangat meggugah selera, apalagi setelah satu bulan penuh berpuasa.

Namun tetap saja kita harus bisa membatasi memakan makanan tersebut, terutama makanan-makanan yang bisa menyebabkan resiko pada kesehatan kita. Sebagai contoh, jika anda memiliki riwayat kolesterol, maka akan sangat bijaksana jika anda mengurangi memakan opor ayam. Kita sudah tahu bahwa makanan yang bersantan beresiko meningkatkan kadar kolesterol. Begitu juga cemilan-cemilan yang mengandung garam yang tinggi, sangat tidak direkomendasikan untuk anda yang memiliki riwayat  darah tinggi.

Begitu juga dengan penderita gangguan tenggorokan, beberapa makanan di bawah ini tidak direkomendasikan. Bahkan jika anda dalam keadaan sehat dan tenggorokan anda tidak mengalami kendala seperti gatal dan tidak nyaman, maka sangat dianjurkan untuk tidak terlalu banyak memakan makanan ini. Berikut adalah makanan-makanan yang biasa dihidangkan saat hari raya Idul Fitri yang dianjurkan untuk tidak berlebih untuk menjaga agar tenggorokan anda tetap sehat.

 

Makanan Pedas

Memakan makanan pedas memang nikmat, semakin pedas rasanya semakin membuat penasaran untuk terus memakannya. Bahkan sekarang banyak sekali menu-menu kuliner yang mengandalkan rasa pedas sebagai menu andlannya. Banyak yang berasumsi bahwa memakan makanan pedas dapat meringankan rasa gatal dan tidak nyaman akibat gangguan tenggorokan. Namun, anggapan tersebut nyatanya adalah salah, bahkan makanan pedas bisa menyebabkan gangguan tenggorokan yang sedang anda derita semakin parah. Walaupun tenggorokan anda sedang sehat, akan sangat bijaksana jika anda membatasi makanan pedas. Rangsangan ditenggorokan akibat makanan pedas bisa menyebabkan terjadi iritasi yang menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman di tenggorokan. Jadi, makanan pedas memang nikmat untuk disantap bersama keluarga, tapi lebih baik untuk membatasi memakan makanan pedasnya.

 

Makanan Renyah dan Keras

Makanan renyah merupakan makanan yang sangat favorit bagi sebagaian besar masyarakat Indonesia. Contohnya kerupuk, kerupuk telah menjadi makanan pendamping yang hampir selalu tersedia dalam berbagai hidangan yang disajikan, terutama untuk makanan yang berkuah. Jika kita memakan bakso, mie ayam, atau sayuran berkuah, rasanya akan kurang afdol jika tidak menyertakan kerupuk sebagai lauk pendamping. Begitu juga banyak cemilan yang sering dikonsumsi bersama sambil bercengkrama bersama keluarga contohnya kacang-kacangan dan keripik. Tanpa disadari makanan-makanan tersebut bisa memicu alergi dan iritasi di tenggorokan, sehingga menyebabkan gatal dan tidak nyaman di tenggorokan. Makanan-makanan tersebut juga sangat tidak direkomendasikan bagi anda yang sedang menderita gangguan tenggorokan, karena bisa memicu gangguan tenggorokan yang sedang anda derita semakin parah.

 

Makanan Berminyak

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti menyukai makanan yang digoreng. Namun seperti diketahui bahwa kandungan minyak dalam masakan yang digoreng berpotensi menyebabkan iritasi di tenggorokan yang bisa menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Senyawa Akrolein akan terbentuk dari minyak yang dipanaskan hingga mencapai titik asapnya, jika minyak goreng terus menerus digunakan senyawa akrolein yang bersifat iritan akan ikut menempel di makanan.  Boleh-boleh saja memakan makanan yang digoreng namun jangan berlebihan dan minyak goreng yang digunakan harus minyak goreng yang baru, kandungan sehingga senyawa akroleinnya masih sedikit. Namun jika anda sedang mengalami gangguan tenggorokan, memakanan makanan yang digoreng sangat tidak dianjurkan, karena bisa menambah parah ganguan tenggorokan yang diderita.

 

Mengalami gangguan tenggorokan memang terdengan sepele, namun rasa gatal dan tidak nyaman ditenggorokan bisa membuat anda tergangu, sehingga momen berkumpul bersama dengan keluarga merayakan hari raya Idul Fitri terganggu. Sebagai langkah antisipasi, anda bisa menyediakan Pastilles pelega tenggorokan. Capung herbal Pastilles merupakan Pastilles pelega tenggorokan yang sudah beredar di Indonesia. Capung Herbal Pastilles ini memiliki keunggulan sebagai Pastilles yang mengandung Licorice dan terbuat dari 100% bahan herbal alami, sehingga bebas gula dan perasa buatan. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai kehalalanan produk ini, karena Capung Herbal Pastilles sudah tersertifikasi Halal dari MUI [TA].


Dari Berbagai Sumber

Foto by : pixabay.com



Temukan Artikel Lainnya

Khasiat Daun Ungu untuk Hemoroid

Hemoroid merupakan penyakit yang diakibatkan oleh benjolan yang biasa terjadi pada pembuluh darah di rektum dan atau anus. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya hemoroid seperti kehamilan, sembelit, mengedan saat buang air besar, maupun terlalu banyak duduk. Tekanan yang terjadi pada pembuluh darah di rektum dan anus bisa menyebabkan benjolan yang biasa dikenal dengan hemoroid. Tidak ada batasan usia untuk penderita hemoroid, siapa saja bisa terkena pada usia berapa saja. Namun biasanya pada usia-usia diatas 50 tahun, memiliki potensi lebih besar terkena hemoroid.

Rasa tidak nyaman dan rasa sakit pada rektum maupun anus sudah pasti sangat menganggu bagi penderita hemoroid. Apalagi bagi orang-orang yang aktivitas kerjanya banyak duduk dalam waktu yang lama. Telah beredar berbagai merek obat yang diindikasikan untuk mengatasi hemoroid. Diantaranya adalah Mediven dan Mathuk, yang sudah dipercaya khalayak umum untuk mengatasi hemoroid. Jika dilikat lebih jauh, kedua merek tersebut memiliki bahan aktif yang sama yaitu Ekstrak Daun Ungu.

Daun ungu memang telah dipercaya sebagai obat herbal untuk mengatasi hemoroid. Daun Ungu atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Graptophyllum pictum merupakan perdu atau tanaman kecil yang biasa tumbuh liar di pedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias maupun sebagai pagar. Secara tradisional, tanaman ini biasanya digunakan sebagai emolien, obat anti radang, pencahar, dan diuretik. Di Indonesia, biasanya daun ungu digunakan untuk mengatasi hemoroid. Kandungan bahan aktif senyawa flavonoid, steroid, saponin, tanin, dan alkaloid menjadikannya efektif untuk mengatasi hemoroid. Kombinasi bahan aktif ini diduga dapat membantu mengatasi peradangan dan melunakkan tinja sehingga selain efektif mengatasi hemoroid juga menyebabkan buang air besar jadi lancar.

Tentu saja kita tidak harus mencari tanaman Daun Ungu ketika terkena hemoroid karena saat ini sudah banyak terdapat obat hemoroid yang mengandung Ekstrak Daun Ungu. Diantara produk-produk yang sudah dipercaya mengatasi hemoroid dan mengandung ekstrak Daun Ungu adalah Mediven dan Mathuk. Tanpa harus susah-susah mencari tanaman Daun Ungu, kita bisa mendapatkan manfaat daun ungu untuk mengatasi Hemoroid (TA).

 

Sumber: dari berbagai sumber

BACA LEBIH LANJUT

PT Capung Indah Abadi Bekali DKK Semarang Melawan Covid 19

Pandemi Covid 19 terus mewabah dan tidak menunjukan indikasi adanya penurunan yang signifikan sebagai tanda bahwa wabah ini akan berakhir. Bahkan setelah dilakukan PSBB dan menuju ke keadaan new normal, pertambahan jumlah pasien yang terkonfirmasi terkena virus Corona terus menunjukan penambahan. Tentu saja kondisi ini sangat berdampak pada kehidupan baik secara ekonomi maupun sosial. Tentu saja apresiasi yang setinggi-tingginya perlu kita berikan kepada tenaga kesehatan dan tim gugus tugas di lapangan yang terus bekerja menangani pandemi ini.

Dalam menangani pandemic covid 19, tentu saja tenaga kesehatan dan tim gugus tugas di garda terdepan menjadi kelompok yang cukup rentan tertular virus corona atau covid 19. Penggunaan APD dan kelengkapan pengaman yang cukup agar tidak ikut tertular virus corona. Namun bagi tim gugus tugas yang bekerja dilapangan apalagi dijalanan, biasanya akan lebih banyak terpapar debu dan polusi, juga udara panas yang biasanya membuat tenggorokan kering. Begitu juga dengan tenaga kesehatan yang menggunakan APD lengkap, biasanya akan sangat panas bisa menyebabkan dehidrasi yang membuat tenggorokan kering dan sakit.

Bagi petugas menjaga agar tenggorokan tetap sehat sangat penting untuk terhindar dari gejala sakit tenggorokan, batuk, atau sekedar tenggorokan terasa gatal dan tidak nyaman. Akan sangat membuat tidak nyaman saat bekerja bagi tenaga kesehatan dan tim gugus tugas jika pada saat bertugas sambil batuk-batuk karena sakit tenggorokan atau ada rasa tidak nyaman di tenggorokan. Kondisi tersebut bisa menimbulkan kecurigaan bagi sekitarnya dan timbul prasangka bahwa sudah tertular virus corona.

Untuk mencegah hal tersebut, maka PT. Capung Indah Abadi mendonasikan sebanyak 2000 pcs  produk Capung Herbal Pastilles yang telah terbukti mengatasi berbagai macam gangguan tengorokan seperti gatal dan tidak nyaman ditenggorokan, sakit tenggorokan, batuk, dan bau mulut. Dengan dibekali produk Capung Herbal Pastilles diharapkan bahwa tim kesehatan maupun tim gugus tugas dan semua kalangan yang terlibat dalam menangani pandemi Covid 19 dapat terhindar dari gangguan tenggorokan. Selain itu bahan aktif dari Capung Herbal Pastilles yaitu licorice, adas, maupun bahan herbal lain yang terkandung dalam produk Capung Herbal Pastilles juga memiliki potensi sebagai anti virus, anti bakteri, anti inflamasi, maupun anti nyeri. Sehingga sangat cocok digunakan bagi garda terdepan dalam menangani pandemi covid 19.

Pada kesempatan itu, tim PT. Capung Indah Abadi diwakili oleh General Managernya yaitu bapak Cipto Yuwono menyerahkan langsung donasi tersebut kepada kepala dinas kesehatan kota Semarang untuk didistribuskan kepada garda terdepan penanganan pandemi covid 19. Kepala dinas kesehatan kota Semarang sangat mengapresiasi bantuan tersebut (TA).

BACA LEBIH LANJUT

Mengobati Hemoroid di Rumah

Menderita wasir memang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, rasa sakit dan tidak nyaman di anus pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Hemoroid merupakan penyakit yang biasa diderita oleh orang-orang pada rentang usia diatas 50 tahun dan tidak menular. Namun demikian, gaya hidup juga berpengaruh, sehingga orang-orang yang beresiko terkena hemoroid juga tidak terbatas pada usia-usia diatas 50 tahun, tapi juga pada usia yang lebih muda. Walaupun tidak masuk dalam kategori penyakit berat, penting juga untuk menghindari faktor-faktor yang bisa membuat anda terkena hemoroid. Walaupun hemoroid merupakan penyakit yang ringan dan tidak menular, tapi bisa membuat tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pada umumnya hemoroid biasanya tidak berbahaya dan ringan, namun tetap saja memerlukan penanganan dan pengobatan agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan bertambah semakin parah. Pada dasarnya hemoroid ringan bisa sembuh dengan sendirinya, tentu saja harus dibarengi dengan pola hidup sehat dan menghindari makanan-makanan yang tidak dianjurkan bagi penderita hemoroid. Pola hidup sehat menjadi kunci dalam pengobatan hemoroid baik pengobatan mandiri maupun pengobatan yang ditangani oleh dokter.

Dalam menangani dan mengobati hemoroid dengan gejala yang ringan kita masih bisa menganganinya sendiri di rumah dengan pengobatan mandiri. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika menangani hemoroid secara mandiri:

·         Hindari pantangan-pantangan yang bisa memperparah hemoroid seperti makanan makanan berlemak, makanan tinggi garam, atau makanan pedas. Hindari juga berlama-lama jongkok di toilet dan mengejan terlalu keras, hal tersebut justru akan memperparah hemoroid dan menghambat proses pengobatan.

·         Biasakan makan makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan. Makanlah makanan yang mudah dicerna sehingga tidak membebani sistem pencernaan dan membuat feses mengeras yang sulit dikeluarkan ketika buang air besar.

·         Minum obat yang diindikasikan untuk hemoroid. Saat ini sudah banyak obat-obatan yang khusus diindikasikan untuk mengobati hemoroid dan sudah banyak beredar di pasaran. Obat-obat tersebut merupakan obat bebas dan dapat dibeli tanpa harus menggunakan resep dari dokter. Beberapa contoh obat untuk hemoroid yang kami rekomendasikan adalah Mediven dan Mathuk, kedua obat ini mengandung Daun Ungu yang sudah terbukti efektif untuk mengatasi hemoroid.

·         Jika terdapat rasa sakit yang sangat mengganggu, bisa juga dibarengi dengan minum obat anti nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen.

Beberapa langkah di atas merupakan cara penanganan hemoroid yang bisa dilakukan di rumah secara mandiri. Tentu saja jika wasir yang diderita dirasa parah dan banyak pendarahan maka direkomendasikan untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan diagnosa yang lebih tepat sehingga bisa mendapatkan penanganan medis yang sesuai. Pada kondisi tertentu bisa saja dokter merekomendasikan untuk menjalani prosedur operasi untuk mengatasi hemoroid yang parah (TA).

 

Foto: pixabay.com

Sumber: dari berbagai sumber

BACA LEBIH LANJUT


Beli Sekarang
Hubungi Whatsapp