Batuk Yang Mengganggu


Jahe


Jika dilakukan sebuah survey untuk menentukan jenis penyakit apa yang paling sering diderita oleh masyarakat Indonesia, maka batuk bisa saja menjadi salah satu penyakit yang paling sering diderita. Pada dasarnya batuk merupakan respon alami tubuh sebagai bentuk pertahanan untuk mengeluarkan zat asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan. Maka sesungguhnya adalah hal yang normal jika kita mengalami batuk yang hanya sesekali dan tidak berkelanjutan. Namun berbeda ceritanya jika batuk secara terus menerus apalagi dengan disertai gejalan lain seperti demam, keluar dahak berwarna maupun rasa sakit di tenggorokan.

Secara umum biasanya batuk digolongkan dalam 2 jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering merupakan batuk yang tidak disertai dengan adanya produksi lendir atau dahak, sedangkan batuk berdahak adalah batuk yang disertai dengan adanya lendir atau dahak. Baik batuk kering maupun batuk berdahak, jika terjadi terus menerus bisa menjadi indikasi adanya gangguan medis.

Batuk kering biasanya ditandai dengan adanya sensasi tidak nyaman di tenggorokan seperti rasa gatal atau ada yang mengganjal sehingga merangsang batuk untuk menyingkirkannya. Batuk kering biasanya terjadi karena adanya reaksi alergi akibat terpapar zat yang bersifat iritan dalam tenggorkan, seperti asap rokok, polusi, maupun goreng-gorengan.

Batuk berdahak biasanya disertai dengan adanya dahak yang keluar ataupun tertahan disaluran pernapasan. Batuk berdahak biasanya dialami jika terjadi adanya infeksi yang terdapat di saluran pernafasan atau pada paru-paru. Mengalami batuk berdahak bisa saja menindikasikan anda terkena penyakit yang ringan, tapi juga bisa juga menunjukan anda terkena penyakit yang serius.

Apapun jenis batuknya, baik batuk berdahak atau batuk kering sangat disarankan untuk menkonsultasikannya ke dokter jika terjadi terus menerus dan tidak bisa ditangani dengan penanganan secara mandiri. Dengan memeriksakan ke dokter ataupun laboratorium, kita bisa dengan tepat menegakan diagnosa sehingga mendapatkan penanganan secara tepat [TA].


Dari Berbagai Sumber

Background Photo : Designed by Freepik



Temukan Artikel Lainnya

Mengobati Hemoroid di Rumah

Menderita wasir memang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, rasa sakit dan tidak nyaman di anus pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Hemoroid merupakan penyakit yang biasa diderita oleh orang-orang pada rentang usia diatas 50 tahun dan tidak menular. Namun demikian, gaya hidup juga berpengaruh, sehingga orang-orang yang beresiko terkena hemoroid juga tidak terbatas pada usia-usia diatas 50 tahun, tapi juga pada usia yang lebih muda. Walaupun tidak masuk dalam kategori penyakit berat, penting juga untuk menghindari faktor-faktor yang bisa membuat anda terkena hemoroid. Walaupun hemoroid merupakan penyakit yang ringan dan tidak menular, tapi bisa membuat tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pada umumnya hemoroid biasanya tidak berbahaya dan ringan, namun tetap saja memerlukan penanganan dan pengobatan agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan bertambah semakin parah. Pada dasarnya hemoroid ringan bisa sembuh dengan sendirinya, tentu saja harus dibarengi dengan pola hidup sehat dan menghindari makanan-makanan yang tidak dianjurkan bagi penderita hemoroid. Pola hidup sehat menjadi kunci dalam pengobatan hemoroid baik pengobatan mandiri maupun pengobatan yang ditangani oleh dokter.

Dalam menangani dan mengobati hemoroid dengan gejala yang ringan kita masih bisa menganganinya sendiri di rumah dengan pengobatan mandiri. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika menangani hemoroid secara mandiri:

·         Hindari pantangan-pantangan yang bisa memperparah hemoroid seperti makanan makanan berlemak, makanan tinggi garam, atau makanan pedas. Hindari juga berlama-lama jongkok di toilet dan mengejan terlalu keras, hal tersebut justru akan memperparah hemoroid dan menghambat proses pengobatan.

·         Biasakan makan makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan. Makanlah makanan yang mudah dicerna sehingga tidak membebani sistem pencernaan dan membuat feses mengeras yang sulit dikeluarkan ketika buang air besar.

·         Minum obat yang diindikasikan untuk hemoroid. Saat ini sudah banyak obat-obatan yang khusus diindikasikan untuk mengobati hemoroid dan sudah banyak beredar di pasaran. Obat-obat tersebut merupakan obat bebas dan dapat dibeli tanpa harus menggunakan resep dari dokter. Beberapa contoh obat untuk hemoroid yang kami rekomendasikan adalah Mediven dan Mathuk, kedua obat ini mengandung Daun Ungu yang sudah terbukti efektif untuk mengatasi hemoroid.

·         Jika terdapat rasa sakit yang sangat mengganggu, bisa juga dibarengi dengan minum obat anti nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen.

Beberapa langkah di atas merupakan cara penanganan hemoroid yang bisa dilakukan di rumah secara mandiri. Tentu saja jika wasir yang diderita dirasa parah dan banyak pendarahan maka direkomendasikan untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan diagnosa yang lebih tepat sehingga bisa mendapatkan penanganan medis yang sesuai. Pada kondisi tertentu bisa saja dokter merekomendasikan untuk menjalani prosedur operasi untuk mengatasi hemoroid yang parah (TA).

 

Foto: pixabay.com

Sumber: dari berbagai sumber

BACA LEBIH LANJUT

Pantangan Bagi Penderita Hemoroid

Mengalami hemoroid memang tidak menyenangkan, apalagi bagi orang yang memiliki rutinitas untuk berlama-lama duduk di depan komputer atau berkendara. Rasa tidak nyaman tentu saja akan sangat mengganggu dan akan berpengaruh pada produktivitas sehari-hari. Bagi penderita hemoroid sangat penting untuk menjaga makanan dan beraktivitas agar hemoroid yang diderita tidak semakin mengganggu dan semakin parah. Akan lebih baik jika pola makan dan aktivitas tersebut dibarengi dengan makanan yang kaya serat untuk mempercepat kesembuhan.

Makanan-makanan yang sulit dicerna menjadi pantangan yang harus dihindari ketika menderita hemoroid. Makanan-makanan tersebut bisa membuat feses menjadi keras sehingga sulit keluar ketika buang air besar, sehingga perlu mengejan lebih keras yang bisa mengakibatkan hemoroid yang diderita bertambah parah. Menjaga makanan merupakan salah satu faktor penting dalam mengobati hemoroid. Berikut adalah beberapa pantangan yang harus dihindari ketika menderita hemoroid:

·         Menahan Buang Air Besar: Semakin lama menahan buang air besar akan membuat feses semakin keras, akibatnya akan membuat feses sulit untuk dikeluarkan ketika buang air besar, sehingga perlu mengejan lebih keras untuk mengeluarkan feses yang akibatnya bisa membuat hemoroid semakin parah.

·         Mengejan terlalu keras: Mengejan saat buang air besar dapat memperparah hemoroid karena akan membuat tekanan pada pembuluh darah di anus dan rektum semakin besar. Hal ini bisa memperparah hemoroid yang diderita.

·         Berlama-lama saat buang air besar: semakin lama berjongkok saat buang air besar, semakin lama juga tekanan yang akan diterima oleh pembuluh darah di anus dan rektum. Kondisi ini tentunya akan membuat hemoroid yang didertia semakin parah.

·         Makanan berkadar garam tinggi: Makanan-makanan cepat saji atau cemilan-cemilan yang banyak beredar biasanya mengandung garam yang tinggi. Kandungan garam akan mengikat air dalam tubuh sehingga meningkatkan tekanan pada pembuluh darah, tekanan pada pembuluh darah tersebut termasuk pembuluh darah di anus dan rektum.

·         Makanan Berlemak: makanan-makanan berlemak seperti daging, kuning telur, makanan bersantan, merupakan makanan-makanan yang harus dihindari ketika menderita hemoroid. Makanan-makanan tersebut sulit dicerna sehingga mengakibatkan sistem pencernaan bekerja ekstra yang bisa mengakibatkan hemoroid semakin parah.

·         Makanan Pedas: Memakan makanan pedas biasanya dapat memperburuk hemoroid yang sedang diderita. Makanan-makanan pedas dipercaya dapat memperburuk sistem pencernaan yang dapat berpengaruh pada memperparah kondisi hemoroid.

·         Makanan Kurang Serat: makanan-makanan yang kurang serat pada umumnya sulit dicerna dan dapat menimbulkan sembelit. Kondisi ini tentu saja dapat memperparah hemoroid yang diderita.

Selain menghindari pantangan-pantangan yang disebutkan di atas, juga direkomendasikan untuk menjaga kesehatan dan rajin olahraga. Pengobatan hemoroid juga sebenarnya cukup mudah karena sudah banyak beredar obat-obat yang diindikasikan untuk menyembuhkan hemoroid. Obat-obat untuk hemoroid biasanya merupakan obat bebas dan dapat dibeli tanpa perlu menggunakan resep dari dokter. Beberapa obat yang kami rekomendasikan adalah Mediven dan Mathuk, kedua obat ini mengandung daun ungu yang sudah terbukti efektif mengatasi hemoroid (TA).

 

Foto: pixabay.com

Sumber: dari berbagai sumber

BACA LEBIH LANJUT

Rekomendasi Makanan Saat Menderita Hemoroid

Hemoroid merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat adanya benjolan pada rektum dan atau anus. Hemoroid akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman terutama saat duduk ataupun buang air besar. Pada kondisi yang lebih berat hemoroid bisa menyebabkan rasa sakit dan pendarahan terutama saat buang air besar. Kondisi ini biasanya akan menjadi lebih parah jika tidak diimbangi dengan pola makan yang tinggi serat sehingga hemoroid yang diderita bisa bertambah parah.

Makanan yang berserat sangat penting bagi penderita hemoroid, karena makanan berserat tidak menimbulkan sembelit dan membuat iritasi saat buang air besar yang justru akan membuat hemoroid semakin parah. Makanan berserat juga membuat feses lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan dan tidak menimbulkan rasa sakit ketika buang air besar. Serat pada pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis yaitu serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membuat feses menjadi lebih lembut, terbentuk dengan baik, dan memudahkan melewati anus ketika dikeluarkan. Sedangkan serat tidak larut tidak dipecah secara langsung di usus dan langsung menyerap ke aliran darah yang mengalir ke sistem pencernaan.

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita hemoroid adalah kacang-kacangan, biji-bijian, maupun buah dan sayur. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi dan mudah dicerna sehingga tidak menimbulkan sembelit yang berakibat hemoroid menjadi lebih parah. Untuk menghindari kebosanan anda bisa membuart variasi masakan atau mengkombinasikan makanan-makanan tersebut.

Untuk mencegah hemoroid semakin parah, kita juga bisa mengobati hemoroid secara mandiri menggunakan obat-obatan yang banyak beredar di pasaran. Beberapa contoh obat untuk hemoroid yang kami rekomendasikan adalah Mediven dan Mathuk. Kedua produk tersebut mengandung Daun Ungu yang sudah terbukti efektif untuk mengobati hemoroid. Tentu saja jika dirasa hemoroid yang diderita sudah sangat parah, maka direkomendasikan untuk menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut (TA).

 

Foto: pixabay.com

Sumber: dari berbagai sumber

BACA LEBIH LANJUT


Beli Sekarang
Hubungi Whatsapp